Penjelasan mengenai HDD, SSD, Hybrid, eMMC pada penyimpanan data di laptop dan komputer

Penjelasan mengenai HDD, SSD, Hybrid, eMMC pada penyimpanan data di laptop dan komputer

Penjelasan mengenai HDD, SSD, Hybrid, eMMC pada penyimpanan data di laptop dan komputer

HDD eMMC SDD

Penjelasan mengenai HDD, SSD, Hybrid, eMMC pada penyimpanan data di laptop dan komputer - Saat membeli laptop baru , 2-in-1, atau PC tablet , potensi penyimpanan datanya ialah salah satunya aspek sangat terpenting untuk ketetapan pembelian Anda. Pilihan piranti penyimpanan data internal Anda akan tergantung pada kapasitas serta cost, tapi juga pada keperluan kemampuan penyimpanan Anda. Dalam artikel ini, kami akan menuturkan ketidaksamaan utama pada empat type penyimpanan yang bisa Anda dapatkan di laptop berbasiskan Windows moderen serta PC portabel yang lain - hard disk drive (HDD), solid state drive (SSD), hibrida (HHDD / SSHD), serta penyimpanan eMMC. Artikel ini dapat berisi tabel ruangan yang dibutuhkan oleh beberapa piranti lunak serta dokumen pemakai umum serta file media, hingga Anda bisa menjumlahkan serta mengkalkulasi berapakah banyak ruangan yang sebetulnya Anda perlukan.

Penyimpanan Hard Disk Drive (HDD)

Hard disk drive atau HDD ialah piranti penyimpanan tradisionil untuk computer pribadi. Anda bisa menemukannya di sejumlah besar notebook, terpenting yang murah.Mereka didasarkan pada piringan-piringan magnetik serta kepala baca berputar-putar. HDD ialah type penyimpanan sangat lamban di PC moderen. Di masa processor cepat serta jumlahnya memori skema besar sekarang ini, hard drive sering jadi kendala kapasitas skema. Dibandingkan dengan solid state drive, hybrid drive, serta penyimpanan eMMC, mereka dicirikan oleh waktu boot-up skema yang lebih lama, aplikasi yang lebih lamban serta pemuatan file, serta eksekusi file copy / paste yang lebih lamban. Di bagian positif, HDD ialah type penyimpanan paling murah.

Kecepatan putaran piringan 5,400 putaran per menit ialah standard untuk hard drive yang memakai laptop.HDD pada notebook spesifik berputar-putar pada 7.200 rpm, membuat kecepatan baca / catat serta akses ke data bertambah cepat. Namun, 7.200 rpm HDD untuk laptop jarang diketemukan di market serta tidak tingkatkan perform keseluruhannya. Selain kecepatan perputaran, ukuran memori cache HDD yang umumnya 8 atau 16MB, juga memengaruhi kapasitas.

Baca juga :
Memahami lebih dalam tentang flashdisk salah satu perangkat komputer
Cara menggunakan USB WiFi Receiver di komputer

Laptop hard drive hadir dalam aspek bentuk 2,5 inci serta tersambung ke semua skema PC lewat antarmuka SATA III, yang menukar SATA II tahun kemarin.

Sebab hard disk drive ialah piranti mekanik serta notebook yang ditujukan untuk dibawa berkeliling-keliling, produsen mesti memakai tehnologi perlindungan guncangan HDD yang ditingkatkan untuk menahan kehilangan data yang dikarenakan oleh tetesan yang tidak disengaja.

Kemampuan hard drive yang sangat umum di laptop ini hari ialah 1 Terabyte (TB) atau 1.000 Gigabytes (GB). Banyak laptop murah diperlengkapi dengan hard drive 500 GB yang lebih kecil, sesaat ukuran 2 TB terkadang dipakai di sejumlah notebook yang tambah mahal.

Penyimpanan Solid State Drive (SSD)

Penyimpanan berbasiskan hard state solid ialah tehnologi yang lebih baru dari penyimpanan hard drive yang telah berumur beberapa puluh tahun. SSD tidak mempunyai sisi yang berjalan, sebab data disimpan pada modul berbasiskan memori Flash. Kinerja jenis SSD yang berlainan beragam, tapi semua yang ada di pasar dengan berarti bertambah cepat dibanding hard drive laptop. Untuk perbandingan kapasitas HDD serta SSD, yang disebut type penyimpanan sangat umum di laptop yang berada di market sekarang ini, Anda bisa memeriksa pengujian ini . Keuntungan lainnya dari penyimpanan solid state vs hard drive ialah operasi seutuhnya senyap, mengkonsumsi daya yang lebih rendah, serta peluang kehilangan data yang lebih rendah sebab penurunan yang tidak disengaja.

SSD di notebook paling baru mempunyai dua aspek bentuk:

Dilihat dari visual HDD lebih tebal 2,5" dari pada 2,5 inci SSD dan

Format kartu M.2 yang lebih kecil dengan antarmuka sendiri, yang dapat bertambah cepat dibanding SATA, bergantung pada design motherboard notebook.

Sesaat sebagian besar notebook mempunyai ruangan penyimpanan 2,5,, yang cuma mensupport format M.2 ialah computer tipis serta mudah.

Tehnologi yang relatif baru di pasar penyimpanan ialah NVMe. Ini sangat mungkin operasi yang amat cepat dari solid state drive M.2 NVMe yang cocok di laptop dengan support NVMe. Dalam pekerjaan rumah serta kantor keseharian, Anda mungkin akan tidak lihat penambahan kecepatan NVMe diatas SSD non-NVMe M.2 serta 2.5 ″. Tapi NVMe akan tunjukkan potensinya dalam beberapa skenario penyimpanan intens seperti menyalin sebagian besar file atau mengeditnya video high-def besar.

Beberapa laptop, terpenting mesin kelas usaha serta game berkualitas tinggi, memadukan beberapa antarmuka penyimpanan serta ruangan penyimpanan.Dalam laptop ini, pembuat PC umumnya memasangkan hard disk kosong 2,5 inci dengan drive solid state M.2 dengan skema operasi serta program yang diinstal di dalamnya. Kombinasi ini memberi ruangan penyimpanan yang besar serta kecepatan boot-up serta pemuatan program yang cepat.

Disamping negatif, kemampuan umum hard disk solid state biasanya lebih kecil dari kemampuan hard drive mekanis. SSD beragam pada 128 GB serta 1 Terabyte serta mempunyai harga yang tambah lebih tinggi per Gigabyte dibanding hard drive.

Penyimpanan Hard Disk / Solid State Drive Hibrid (HHDD atau SSHD) 

Hard disk hybrid hard disk yang dipakai untuk Laptop (HHDD), dikenal juga menjadi solid state hybrid drives (SSHDs), memadukan hard drive serta penyimpanan solid state pada sebuah piranti 2,5 ″. Mereka sedikit diadopsi menjadi HDD murni serta SSD. Drive hibrida mempunyai semua sisi yang bisa Anda dapatkan di HDD classic serta mengikutkan modul SSD di atasnya. Sulit untuk memperbandingkan kapasitas mentah HHDD / SSHD ke HDD, SSD, serta eMMC, sebab hibrida tidak berisi tiap-tiap file yang disimpan serta meng-install program pada kecepatan yang sama.Mereka tingkatkan pemuatan cuma piranti lunak serta file yang diambil oleh algoritma caching mereka, berdasar pada skenario pemakaian computer umum Anda. Perangkat lunak serta file yang seringkali Anda pakai, termasuk juga yang dibutuhkan untuk mem-boot skema operasi tersebut, disimpan di bagian SSD untuk berisi bertambah cepat. Mengakses bekas data yang disimpan dibagian HDD tidak bertambah cepat daripada HDD murni yang sepadan.

Kemampuan umum dari piranti penyimpanan hibrid yang memakai laptop ialah 500GB serta 1TB pada piringan hard disk, ditambah memori SSD 8GB, 16GB atau 32GB.

Penyimpanan Kartu Multimedia Tertanam (eMMC)

Embedded Multimedia Card atau eMMC lebih dapat dijangkau serta penyimpanan berbasiskan Flash lebih lamban dibanding hard disk solid state.eMMC umumnya diketemukan di smartphone serta piranti elektronik customer yang lain, tapi juga dipakai di computer pribadi. Dalam pemakaian keseharian, kapasitas penyimpanan eMMC ada diantara kecepatan HDD serta SSD. Di segmen PC, Anda bisa temukan eMMC disolder ke motherboard dari beberapa notebook kelas biaya, PC tablet, serta computer 2-in-1.

Kemampuan eMMC yang disiapkan oleh PC ini ialah 32GB atau 64GB, jarang 128GB. Ini ialah kemampuan yang begitu hanya terbatas menurut standard saat ini.Untuk memudahkan, sejumlah besar laptop yang diperlengkapi eMMC mempunyai slot kartu memori dimana Anda bisa masukkan kartu memori (SD atau microSD) untuk memperluas kemampuan penyimpanan internal. Selain itu, pembuat computer seringkali memaketkan computer berbasiskan eMMC dengan akses gratis ke penyimpanan di server jauh, yang diketahui menjadi penyimpanan cloud.

Sama dengan SSD, eMMC irit listrik serta betul-betul tenang.

Berapakah Banyak Ruangan Penyimpanan yang Anda Butuhkan

Berikut daftar ruangan penyimpanan yang dibutuhkan oleh skema operasi Windows, beberapa piranti lunak popular serta judul game, serta file pemakai umum seperti film, lagu, serta dokumen.

Anda mesti ingat jika beberapa feature Windows seperti Pembaharuan Windows serta Pemulihan Skema, dan driver untuk piranti keras Anda, membutuhkan ruangan penambahan. Juga, produsen umumnya memberikan beberapa ruangan penyimpanan untuk file yang diperlukan untuk pemulihan skema, oleh karenanya susutkan ruangan yang ada untuk file serta program pemakai.
Buka Komentar

Tidak ada komentar