Penjelasan dalam Sejarah Penemuan Virus oleh beberapa ilmuwan

Penjelasan dalam Sejarah Penemuan Virus oleh beberapa ilmuwan

Penjelasan dalam Sejarah Penemuan Virus oleh beberapa ilmuwan

Sejarah virus

Penjelasan dalam Sejarah Penemuan Virus oleh beberapa ilmuwan - Bila seorang sempat terserang penyakit cacar (yang dikarenakan oleh virus) jadi saat hidupnya virus itu tetap ada pada tubuhnya. Hal tersebut nyatanya berguna sebab kehadiran virus cacar pada tubuh orang itu mengakibatkannya kebal pada serangan cacar selanjutnya. Lainnya perihal bila seorang sempat terserang serangan virus herpes, satu waktu penyakit itu akan muncul kembali bila keadaan ketahanan tubuhnya alami penurunan.

Ke-2 penyakit terse­but (cacar serta herpes) ialah penyakit yang di­sebabkan oleh serangan virus. Akan tetapi, kedua-duanya memiliki karakter serangan yang berlainan. Apa virus itu? Bagaimana bentuk virus? Bagaimana beberapa ciri virus? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita ulas virus pada bab ini.

Virus ialah salah satunya aspek pemicu penyakit. perumpamaannya influenza serta flu burung, Kita pasti sudah mengetahui. Akan tetapi, tahukah Kita seperti apa bentuk virus itu? Makhluk hidupkah dia? Benda matikah dia?

Baca juga :
Mengenal lebih dalam dengan virus
5 Makanan Pemicu Leukimia Yang Sering Dimakan

Kehadiran virus mulai didapati semenjak penemuan Adolf Meyer, seseorang ilmuwan Jerman , pada tahun 1883.Meyer menyelidik penyakit bintik kuning pada tanaman tembakau yang berbentuk menyebar. Eksfrak daun tembakau yang terserang penyakit bintik kuning yang disuntikkan pada tanaman tembakau sehat nyatanya menularkan penyakit bintik kuning. 

Riset itu diulangi oleh Dmitri Ivanowsky pada tahun 1893. Oleh Ivanowsky, ekstrak daun tembakau yang terserang penyakit kuning disaring dengan saringan bakteri. Hasil penyaringan itu masih tetap menyebabkan penyakit kuning bila disuntikkan pada tanaman tembakau yang sehat. Berdasar pada hal tersebut, diambil kesimpulan jika pemicu penyakit itu memiliki ukuran lebih kecil dari bakteri sebab lolos dalam saringan bakteri. 

Pada tahun 1897, seseorang pakar mikrobiologi Belanda bernama M. Beijerinck lakukan eksperimen pada penyakit bintik kuning itu. Hasil percobaannya tunjukkan jika patogen (pemicu penyakit) itu cuma dapat berkembang biak pada makhluk hidup. Pada tahun 1935, seseorang ilmuwan Amerika Serikat bernama Wendell Stanley, coba mengkristalkan patogen itu. 

Meskipun telah dikristalkan. patogen itu masih tetap dapat memunculkan penyakit bila disuntikkan pada tanaman tembakau yang sehat. Stanley memberikan namanpatogen itu tobacco mosaic virus atau TMV (virus mosaik tembakau). Virus datang dari bhs Latin yang bermakna toksin atau berbentuk membunuh.

Dari artikel diatas bisa kita simpulkan bahwa virus bisa menular kesiapa saja dengan mudah. Tidak pada manusia saja, semua jenis mahkluk hidup bisa terkena virus. Maka dari itu biasakan hidup kita dengan hidup bersih agar terhindar dari semua jenis virus yang bisa membahayakan bagi keluarga kita

Buka Komentar

Tidak ada komentar