Pengertian Tentang Biografi Beserta Ciri-Ciri Dan Struktur Susunan Teks

Pengertian Tentang Biografi Beserta Ciri-Ciri Dan Struktur Susunan Teks

Pengertian Tentang Biografi Beserta Ciri-Ciri Dan Struktur Susunan Teks

Pengertian biografi

Pengertian Tentang Biografi Beserta Ciri-Ciri Dan Struktur Susunan Teks - Biografi bermula dari bahasa Yunani, bios yang mempunyai makna hidup serta graphien yang bermakna catatan atau tulisan. Biografi adalah satu tulisan yang mengulas mengenai kehidupan seorang. Dengan simpel, biografi bisa di artikan menjadi satu cerita kisah hidup seorang. Biografi sendiri bisa berupa cuma beberapa baris kalimat saja, akan tetapi biografi itu bisa lebih dari 1 buku.
Biografi singkat cuma menuturkan mengenai fakta-fakta dari kehidupan seorang dan peranan pentingnya. Biografi panjang mencakup beberapa informasi yang berbentuk terpenting akan tetapi diceritakan lebih mendalam dan dituliskan dengan style narasi yang baik.

Biografi adalah satu buku yang bercerita kejadian-kejadian hidup seorang. Melalui biografi itu bisa diketemukan jalinan, info makna dari satu aksi spesifik atau satu misteri yang melingkupi hidup seorang, dan adalah satu keterangan tentang aksi atau tingkah laku dalam kehidupannya.

Biografi bisa menceritakan tentang kehidupan seseorang tokoh terpenting atau populer ataupun tidak populer. Biografi sering menceritakan tentang tokoh histori, akan tetapi seringkali juga tentang orang yang masih tetap hidup. Banyak biografi saat ini yang ditulis dengan urutan.

Biografi memerlukan beberapa bahan utama dan bahan simpatisan. Bahan utama bisa berbentuk beberapa benda, contohnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan lain-lain. Bahan simpatisan umumnya berbentuk biografi lainnya, buku rujukan, histori yang menuturkan fungsi orang dalam biografi itu dan lain-lain. Biografi ialah satu cerita atau info dari perjalanan kehidupan seorang yang bersumber pada subyek rekaan atau cerita riil.

Baca juga :
Pemahaman tentang politik secara global dan para ahli dibidangnya
Pembahasan dan jenis perihal tanggung jawab secara umum

Ciri-Ciri Biografi

Inilah beberapa ciri biografi : 

Biografi mempunyai susunan yang terdiri atas : tujuan, peristiwa pada suatu kejadian atau permasalahan, dan reorientasi.

Biografi berisi berdasar pada info realitas dan diberikan berbentuk cerita.

Faktualnya (realitas) berdasar pada pengalaman hidup seorang yang dikisahkan dalam tokoh biografi tersebut

4 perihal yang perlu di perhatikan pada teks biografi


  • Judul biografi 
  • Perihal yang menarik dan mengesankan yang dipertunjukkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan 
  • Perihal yang mempesona dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan 
  • Perihal yang bisa di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh. 


Inilah struktur susunan teks biografi yang terbagi dalam orientasi, momen serta permasalahan, reorientasi.

Orientasi

Tujuan adalah sisi di mana menuturkan mengenai pengenalan tokoh, berisi deskripsi awal mengenai tokoh yang dikisahkan dalam biografi itu.

Momen peristiwa pada suatu kejadian

Sisi momen atau peristiwa adalah sisi yang berisi mengenai satu momen atau peristiwa yang sempat dihadapi, termasuk juga didalamnya berisi mengenai permasalahan yang sempat dihadapinya dalam sampai arah dan cita-citanya. Beberapa hal yang menarik, mempesona, mengesankan, serta mengharukan yang sempat dihadapi tokoh juga di jabarkan dalam sisi ini.

Reorientasi

Reorientasi adalah sisi penutup. Sisi ini berisi mengenai pandangan penulis pada tokoh yang dikisahkan itu. Reorientasi berbentuk opsional, yang berarti di bagian ini bisa ada ataukah tidak.

Demikian keterangan mengenai teks biografi bersama ciri ciri serta susunan struktur pada umumnya.

Buka Komentar

Tidak ada komentar