Pemahaman mengenai tipe dan jenis Ekosistem

Pemahaman mengenai tipe dan jenis Ekosistem

Pemahaman mengenai tipe dan jenis Ekosistem

Ekosistem laut

Pemahaman mengenai tipe dan jenis Ekosistem - Biasanya ekosistem dibagi jadi tiga type, yaitu ekosistem perairan, ekosistem darat, serta ekosistem buatan.

1. Ekosistem Akuatik (air)


Ekosistem air tawar

Karakter ekosistem yang ada air tawar, diantaranya, kurang penetrasi sinar, macam suhu yang tidak mencolok, serta di pengaruhi oleh iklim serta cuaca. Sebagian besar tanamannya diantaranya beberapa type ganggang serta tanaman biji yang lain.

Ekosistem laut

Habitat laut (oceanic) diikuti dengan satinitas (kandungan garam) yang tinggi dengan ion cipher sampai sampai 55%, terpenting di laut-laut tropis, sebab suhu tinggi serta terdapatnya penguapan besar. Di daerah tropis, suhu laut biasanya seputar 25 ° C.

Ekosistem muara

Ekosistem muara atau Ekosistem Estuari ialah sungai yang bercampur dengan laut. Muara seringkali tertutp oleh lempengan besar intertidal lumpur atau garam rawa. Ekosistem muara memiliki produktivitas yang tinggi sekali serta kaya nutrisi.

Ekosistem pantai

Diberi nama ekosistem pantai sebab yang sangat banyak tumbuh di pasir tanaman gundukan yang berdebar gelombang serta tahan angin. Tumbuhan yang hidup di ekosistem pantai menebar tebal serta cukuplah subur.

Ekosistem sungai

Sungai adalah tubuh air yang mengalir dengan satu arah. Sungai memiliki kandungan dikit sedimen serta makanan. Saluran air dan gelombang dengan stabil bisa memberi oksigen ke air.

Ekosistem terumbu karang

Ekosistem ini terbagi dalam karang-karang di seputar pantai. Ekosistem ini mempunyai efisiensi yang tinggi sekali. Hewan-hewan yang hidup di organisme mikroskopis karang mengonsumsi sampah organik.

Ekosistem laut dalam

Di kedalaman Lebih dari 6.000 m umumnya ada lele laut serta ikan laut yang bisa pancarkan sinar. Ekosistem ini adalah produsen simbiosis karang dengan bakteri spesifik.

Ekosistem lamun

Lamun atau seagrass merupkan satu‑satunya grup tumbuh-tumbuhan berbunga yang hidup di laut. Tumbuh‑tumbuhan ini bisa hidup di habitat perairan pantai yang cukuplah dangkal.

Baca juga :
Penjelasan Abrasi Dan Erosi Serta Jenis Dan Perbedaan nya
Pemahaman tentang heterogen dengan jenisnya beserta contoh

2. Ekosistem Terestrial (darat)


Penetapan zone dalam ekosistem ini dipastikan oleh temperatur serta curah hujan lingkungannya. Ekosistem darat termonitor oleh iklim serta masalah. Iklim begitu terpenting dalam memastikan keadaan ekosistem terestrial yang ada pada tempat spesifik. Alur ekosistem bisa beralih dikarenakan masalah seperti petir, kebakaran, atau kegiatan yang dikerjakan manusia.

Rimba hujan tropis

Rimba hujan tropis ada di daerah tropis serta subtropis di seputar garis khatulistiwa. Mempunyai sampai 200-225 cm curah hujan per tahun. Relatif banyak spesies pohon, spesies berlainan keduanya bergantung pada letak geografi. Tinggi pohon utama sampai 20-40 m, cabang-cabang pohon tinggi, kuat serta berdaun untuk membuat hood (kanopi).

Sabana

Sabana tropis ada di daerah dengan curah hujan sampai 40-60 inci per tahun, tetapi temperatur serta kelembabannya masih tetap bergantung pada musim yang berlangsung. Sabana terluas dalam dunia ada di Afrika; akan tetapi di Australia juga ada sabana yang cukuplah luas.

Padang rumput

Padang rumput umumnya membentang dari daerah tropis ke subtropis. Beberapa ciri padang rumput ialah mempunyai curah hujan pertahun sampai 25-30 cm, curah hujan berubah-ubah ataukah tidak teratur, porositas (penyerapan air) tinggi, serta drainase (saluran air) cepat.

Gurun

Gurun terdapat di daerah tropis yang biasanya bersebelahan padang rumput. Beberapa ciri ekosistem gurun begitu gersang serta curah hujan begitu rendah (25 cm / tahun). Ketidaksamaan suhu yang tejadi waktu siang serta malam besar sekali.

Rimba gugur

Rimba gugur ada di daerah beriklim yang mempunyai empat musim, dengan karakter curah hujan yang hampir rata selama tahun. Ada beberapa Spesies pohon kecil serta tidaklah terlalu lebat.

Taiga

Taiga menyebar di belahan bumi utara serta di pegunungan tropis, karakter daerahnya ialah suhu yang begitu rendah pada musim dingin. Rimba Taiga biasanya terbagi dalam satu spesies seperti konifer, pinus, dan lain-lain.

Tundra

Tundra ada di belahan bumi sisi utara di Lingkaran Arktik serta diketemukan di beberapa puncak gunung yang tinggi. Perkembangan tanaman di daerah ini cuma 60 hari.

3. Ekosistem Buatan


Ekosistem buatan ialah ekosistem yang dibuat sendiri oleh manusia supaya bisa  memenuhi keperluan mereka. Pemanfaatannya berbentuk subsidi daya, faedah ekosistem buatan di luar, tanaman atau hewan peliharaan yang didominasi oleh dampak manusia, serta mempunyai keanekaragaman yang rendah. Contoh ekosistem buatan ialah:

  • Perkebunan kelapa
  • Ekosistem seperti pemukiman pedesaan serta perkotaan
  • Bendungan
  • Produksi tanaman seperti rimba jati serta pinus
  • Ruangan ekosistem
  • Bentuk agroekosistem dari tadah hujan
  • Sawah irigasi
Buka Komentar

Tidak ada komentar