Pemahaman mengenai pankreas dari fungsi dan struktur

Pemahaman mengenai pankreas dari fungsi dan struktur

Pemahaman mengenai pankreas dari fungsi dan struktur

Struktur pankreas

Pemahaman mengenai pankreas dari fungsi dan struktur - Pankreas ialah organ pada skema pencernaan yang mempunyai 2 manfaat utama yakni membuahkan enzim pencernaan (manfaat eksorin) serta membuahkan beberapa hormon (manfaat endokrin).
Pankreas adalah kelenjar yang mempunyai panjang seputar 12-15 cm serta lebar seputar 4 cm. Letak pankreas ada di perut  sisi atas yang memanjang mengarah kiri (di belakang lambung dibagian belakang perut), sisi kepalanya terlihat melekat pada duodenum atau usus 12 jari. Sisi ekor atau tubuh pankreas adalah sisi tersempit pankreas yang terdapat dibagian kiri perut di samping limpa.

Manfaat Pankreas 


Mengenai manfaat pankreas pada umumnya yakni:

Menjadi kelenjar eksorin atau kelenjar yang mensekresikan zat spesifik tiada dengan lewat pembuluh darah
Menjadi kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat spesifik lewat pembuluh darah
Menjadi penghasil beberapa protease seperti tripsin, amilase serta lipase dalam menolong proses pencernaan.
Mengawasi kesetimbangan kandungan gula dalam tubuh
Membuahkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam aliran pencernaan
Mengawasi kesetimbangan lemak dalam tubuh
Untuk metabolisme baik anabolisme atuapun katabolisme gula serta bentuk lainnya

Manfaat Pankreas Menjadi Organ Eksorin

Saat makanan keluar dari lambung akan langsung menuju ke usus 12 jari, Usus dua belas jari lalu membuahkan hormon Kolesistokinin yang berperan merangsang pankreas untuk keluarkan enzimnya (getah pankreas) lewat duktus pankreatikus. Enzim pencernaan (getah pankreas) itu dibuat oleh Asini, Asini yakni himpunan sel Pankreas. Kandungan getah pankreas salah satunya: NaCHO3, Lipase, Tripsinogen, Amilase, enzim Karbohidrase. Utamanya manfaat pankreas menjadi organ eksorin yakni:

Menetralisir pH makanan yang masuk ke duodenum (Usus 12 Jari) supaya masih dalam kondisi basa.
Membuahkan beberapa enzim yang menolong mengolah makanan masuk ke usus halus yang di mana enzim-enzim itu mempunyai manfaat yang sama yakni memecah molekul kompleks jadi molekul yang lebih simpel supaya bisa diserap badan.

Baca juga :
5 jenis Makanan Pemicu Leukimia Yang Sering Dimakan
Proses kerja paru paru ditubuh manusia

Manfaat Pankreas Menjadi Organ Endokrin

Pankreas manusia mempunyai langerhans yang bertindak dalam menjalankan manfaat endokrin pankreas. Langerhans ialah grup sel kecil yang menyebar di semua pankreas yang terdapat banyak pembuluh darah serta membuat 1%-2% dari semua waktu pankreas.
Langerhans ini terdiri jadi 4 type sel, di mana setiap selnya membuahkan hormon yang mempunyai manfaat berlainan.

Sela Alfa Pankreas, yakni sel yang berperan membuahkan hormon glukagon. Manfaat hormon glukagon yakni untuk tingkatkan kandungan gula dalam darah serta memecah cadangan gula dalam hati lantas dibawa ke darah.
Sel Beta Pankreas, yakni sel yang berperan membuahkan hormon insulin. Manfaat hormon insulin yakni untuk turunkan kandungan gula dalam darah, Bila kandungan gula dalam darah tinggi, karena itu insulin akan menaruh gula berlebihan itu ke hati. Bila hormon insulin tidak ada atau kurang, karena itu manusia akan terserang penyakit diabetes militus.

Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas), yakni sel yang berperan membuahkan polipeptida pankreas. Manfaat polipeptida yakni untuk perlambat penyerap makanan. Akan tetapi, manfaat utama Sel F belumlah didapati.
Sel Delta Pankreas, yakni sel yang berperan membuahkan somatostatin. Manfaat hormon somatostatin yakni untuk menghalangi sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas serta menghalangi sekresi insulin oleh sel beta pankreas, dan menghalangi produk polipeptida oleh Sel F pankreas.
Menjadi, pada umumnya manfaat pankreas menjadi organ endokrin yakni untuk mengatur kandungan gula dalam darah.

Bagian-Bagian Pankreas 


Mengenai susunan sisi utama pada pankreas yakni:

Kepala Pankreas
Kepala pankreas yakni sisi yang tampak melekat pada usus halus, sisi ini adalah sisi terluas dari pankreas.
Leher Pankreas
Leher pankreas yakni sisi pankreas yang memiliki ukuran panjang seputar 2,5 cm serta terdapat di antara kepala dan tubuh pankreas.
Tubuh Pankreas
Tubuh pankreas yakni sisi yang ada di antara leher dan ekor pankreas, sisi ini adalah sisi penting pada pankreas.
Ekor Pankreas
Ekor pankreas yakni sisi meruncing yang ada pada perut kiri. Sisi ini adalah sisi paling akhir dari badan pankreas.
Aliran Pankreas
Aliran pankreas (Duktus Pankreatikus) ini menyatu dengan duktus koledukus (aliran empedu) serta bersumber di usus 12 jari (duodenum). Aliran pankreas ini keluarkan beberapa enzim dari pankreas dalam menolong skema pencernaan

Buka Komentar

Tidak ada komentar