Pemahaman mengenai Garis Khatulistiwa

Pemahaman mengenai Garis Khatulistiwa

Pemahaman mengenai Garis Khatulistiwa

Garis khatulistiwa

Pemahaman mengenai Garis Khatulistiwa - Dalam bagian pengetahuan bumi, atau yang lebih diketahui dengan geografi, pengetahuan ini pelajari serta membahas mengenai bumi bersama hubungan didalamnya. Bila disaksikan pada fungsi peta, atlas serta globe, bumi dilintasi oleh beberapa garis khayal yang melintang dari barat ke timur serta membujur dari utara ke selatan. Garis-garis ini dimaksud garis khatulistiwa atau ekuator, garis lintang, dan garis bujur.

Pada bahasan di bawah ini diberikan salah satunya garis khayal yang melintasi planet bumi, yakni garis khatulistiwa. Dengan spesial, bahasan setelah itu menyoroti mengenai manfaat garis khatulistiwa tersebut dari beberapa perspektif.

Baca juga :
Bentuk dan lapisan inti bumi
Mengenal susunan planet di tata surya kita

Pemahaman serta Karakter Garis Khatulistiwa

Garis khatulistiwa atau ekuator sebetulnya bukan garis yang melintang ada pas diatas bumi, tetapi garis yang dibikin oleh pakar geografi untuk menganalisa serta mengklasifikasikan kehadiran keadaan geografis bersama keadaan yang lain di permukaan bumi. Berdasar sebagian pakar, garis khatulistiwa ialah garis imajiner yang melintang di tengahnya bumi yang terdapat pada garis lintang 0 derajat. Garis ini mempunyai panjang seputar 40.075 km yang melewati diatas daratan serta samudera di bumi.

Dari garis khatulistiwa ini bisa dipastikan diameter bumi, yakni seputar 12, 756 km serta saat matahari pas diatas garis khatulistiwa karena itu jangka waktu siang hari di lokasi yang dilintasi garis khatulistiwa ialah sama, yakni seputar 12 jam. Berdasarkan letak garis khatulistiwa ini, karena itu benua yang dilewati garis itu salah satunya ialah:

Asia, yakni Indonesia

Amerika Selatan, yakni Brasil sisi utara serta Ekuador

Afrika yakni Kenya, Uganda, Republik Demokrasi Kongo, Kongo, serta Gabon

Diluar itu, pada garis khatulistiwa ini, style tarik gravitasi bumi dikit lebih lemah serta demikian sebaliknya lokasi yang jauh dari garis khatulistiwa mempunyai style tarik gravitasi bumi yang begitu kuat, seperti di kutub utara serta selatan. Hingga lokasi di seputar garis khatulistiwa begitu baik untuk kepentingan militer, seperti peluncuran pesawat ruangan angkasa karena membutuhkan dikit daya untuk menggerakkan pesawat ulang-alik ke luar angkasa.

Selanjutnya, menurut klasifikasi iklim dalam dunia yang sudah diputuskan oleh beberapa pakar, beberapa lokasi atau daerah yang dilewati garis khatulistiwa ini memiliki iklim tropis dan daerah itu cuma kenal dua musim saja, yakni musim hujan serta kemarau. Hal seperti ini karena, bila disaksikan dari garis lintangnya, tempat garis khatulistiwa dekat dengan matahari. Hingga, suhu atau temperatur yang dicatat seputar lebih dari 20 derajat Celcius serta berbentuk panas serta lembab.

Ada dua musim ini dapat mengakibatkan suburnya perkembangan rimba hujan tropis. Namun, tidak semua lokasi yang dilewati garis khatulistiwa ini mempunyai iklim ekuatorial, contohnya Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Pegunungan Andes di selama negara Peru, Bolivia, Chili, serta Pegunungan Jaya Wijaya di Papua Barat (Indonesia) yang mempunyai iklim yang dingin serta berbentuk kering, serta mempunyai glasier.

Manfaat Garis Khatulistiwa

Dari pemahaman serta karakter tentang garis khatulistiwa tertera di atas, karena itu manfaat garis khatulistiwa bisa digolongkan jadi manfaat, yakni strategis serta umum, serta penuturannya adalah sebagaimana di bawah ini:

1. Manfaat strategis

Manfaat ini disaksikan dari kehadiran garis khatulistiwa yang disebut garis imajiner yang terkait dengan tempat strategis satu lokasi dalam beberapa segi kehidupan, baik dari geografis, ekonomi, politik, serta militer, yakni:

Membagi dua lokasi di bumi jadi dua, yakni belahan bumi sisi utara serta belahan selatan. Belahan bumi utara mencakup benua Amerika Utara, Eropa, beberapa Asia, beberapa Afrika, beberapa Amerika Selatan, sedang belahan bumi selatan mencakup benua Australia, beberapa Asia, beberapa Afrika, serta beberapa Amerika Selatan.

Dalam bagian ekonomi, garis ini berperan untuk mengklasifikasikan perkembangan serta perubahan ekonomi satu negara dari dua lokasi, yakni bagian  Utara serta Selatan.
Dalam bagian militer, lokasi yang ada di garis khatulistiwa begitu pas untuk tempat peluncuran roket atau pesawat luar angkasa.

2. Manfaat umum

Manfaat ini adalah manfaat yang sering dipakai dalam menolong manusia di kehidupan keseharian, yakni:

Dalam bagian meterologi serta geofisika, garis khatulistiwa ini bisa digunakan menjadi referensi dalam memastikan ketidaksamaan iklim, cuaca, serta musim.
Memastikan tempat matahari selama tahunnya.
Memastikan tinggi rendahnya satu tingkat permukaan serta arus air laut.
Membuat proyeksi jenis-jenis peta.
Menjadi basic penentua skema navigasi untuk kepentingan transportasi penerbangan serta laut.

Tidak hanya mempunyai manfaat tertera di atas, garis khatulistiwa ini dapat dibantu dengan dua garis astronomis pada peta yang adalah garis imajiner juga. Garis itu ialah:

Garis lintang, yakni garis imajiner yang melintang dengan horisontal serta mempunyai tempat 0 derajat.
Garis bujur, yakni garis imajiner yang posisinya vertikal atau tegak lurus dari atas ke bawah yang menghubungkan kutub utara serta selatan serta posisinya juga 0 derajat.
Dengan spesial, tentang garis lintang sendiri, garis imajiner ini dapat membagi belahan bumi jadi dua lokasi, yakni:
Belahan timur bumi yang meliputi benua Eropa, beberapa Afrika, beberapa Asia, serta Australia.
Belahan barat bumi yang mencakup benua Amerika Utara serta Selatan.

Menjadi rangkuman, garis khatulistiwa atau ekuator ini hanya garis imajiner yang dibikin oleh pakar geografi untuk memproyeksikan serta mempermudah dalam mengerti lokasi daratan serta samudera yang ada di bumi. Serta, manfaat yang pasti tampak dari ada garis khatulistiwa ini ialah manfaat strategis serta umum. Mengenai manfaat ini mempermudah manusia dalam memastikan serta memprediksikan semua hal yang terkait erat dalam perubahan kehidupan sehari-hari

Buka Komentar

Tidak ada komentar