Manfaat telur ayam dan cara memilih telur yang sehat

Manfaat telur ayam dan cara memilih telur yang sehat

Manfaat telur ayam dan cara memilih telur yang sehat

Manfaat telur ayam

Manfaat telur ayam dan cara memilih telur yang sehat - Telur ayam sangatlah akrab di kehidupan kita sehari-harinya menjadi sumber pangan berprotein tinggi. Telur biasanya diberikan dengan cara digoreng, didadar atau cuma direbus demikian saja. Telur juga ialah bahan utama dalam pembuatan berbagai tipe makanan seperti cake, kukis, roti dan lain-lain.

Sumber protein yang satu ini memang gampang didapatkan. Telur juga menjadi salah satunya bahan makanan yang termudah di proses. Nah, nyatanya telur jadi salah satunya makanan sangat banyak dikonsumsi orang, tidak hanya karena praktis telur sangat bergizi. Faedah telur begitu sangat banyak karena terbagi dalam beberapa kandungan yang menyehatkan.

Berikut beberapa manfaat  yang ada di dalam telur. 

  1. Kandungan dalam sebutir telur benar-benar mengagumkan. Telur dipenuhi oleh vitamin seperti vitamin B12, B2, A, B5, serta E, mineral, protein tinggi, lemak baik, termasuk juga kalsium, zat besi, kalium, sen, mangan, folat serta banyak lagi. Telur megandung 77 kalori, dengan 6 gr protein tinggi, 5 gr lemak serta beberapa karbohidrat. Sebagian besar nutrisi ada pada kuning telur. Putih telur sendiri memiliki kandungan protein. 
  2. Telur tingkatkan cholesterol akan tetapi tidak tingkatkan resiko penyakit jantung. Ini karena satu telur ukuran besar memiliki kandungan 212 mg kolestrol, kandungan ini tambah lebih banyak dibanding makanan yang lain. Akan tetapi, kolestrol cuma mempunyai dampak minimum pada tingkat kolestrol dalam darah. Telur tingkatkan kolestrol baik, serta turunkan kolestrol jahat yang manakah hal seperti ini semestinya bisa turunkan resiko penyakit jantung. 
  3. Kandungan dalam telur yang bernama kolin begitu terpenting untuk nutrisi otak. Kolin ini masuk dalam grup vitamin B-kompleks. Kolin ialah nutrisi terpenting buat kesehatan. Konsumsi kolin yang rendah bisa mengakibatkan penyakit hati, jantung serta neurologis. 
  4. Kuning telur memiliki kandungan dua anti-oksidan yang kuat dalam membuat perlindungan mata, lutein serta zeaxanthin. Zat ini dengan berarti kurangi resiko degenerasi makula serta katarak. 
  5. Telur memiliki kandungan karbohidrat yang amat sedikit serta semakin banyak protein dan lemak. Berikut kenapa makanan ini baik untuk yang tengah diet. Konsumsi telur akan kenyang lebih lama serta makan lebih dikit kalori. 
  6. Meskipun banyak terkandung banyak faedah, masih kita mesti pilih telur yang sehat. Bagaimanakah cara memperbedakan telur yang sehat serta tidak sehat. 
Baca juga :
Takaran kopi yang pas bagi orang dewasa

Begini cara  Membedakan Telur Ayam Sehat Serta Tidak Sehat 

Telur yang baik dibuat dari ayam yang sehat. Ayam yang sehat memiliki mengkonsumsi gizi yang baik dari makanan yang didapat di peternakan. Nutrisi yang didapat seekor ayam akan dilanjutkan ke telur mereka.
Ayam-ayam yang semakin lebih sehat hidup dengan leluasa mencari makan seperti serangga serta hewan kecil lainna di alam terbuka, dengan saluran hawa yang fresh sampai mereka bisa menghasilkan telur-telur yang sehat serta berkualitas tinggi. Tapi ayam jaman sekarang ini biasanya hidup dalam kandang. Ayam-ayam ini tidak mempunyai cukuplah ruang untuk melakukan aktivitas, bahkan tidak bisa lihat matahari, makanannya yaitu makanan pakan.

Karena telur ialah bahan makanan yang bergizi, relatif murah serta gampang di ketahui menjadi semestinya kita ketahui seperti apakah telur yang sehat serta baik kualitasnya serta yang buruk mutunya.

Untuk tahu Beberapa ciri telur dengan kualitas yang baik, perhatikan hal berikut :

1. Ketebalan Cangkang atau kulit Telur

Lihatlah cangkang atau kulit telur, telur yang baik akan mempunyai kulit atau cangkang yang cukuplah tebal serta tidak transparan serta cukuplah susah untuk meretakkannya. Jika kulit telur terlihat transparan bila diketuk begitu gampang retak serta pecah dapat di yakinkan telur itu buruk kualitasya

2. Warna Kuning Telur

Umumnya kita miliki kebiasaan dengan warna kuning telur yang kuning jelas, sebetulnya warna ini tidak warna yang baik untuk kuning telur. Kuning telur ayam yang baik serta sehat baiknya berwarna oranye, semakin tua warna oranyenya semakin baik kualitasnya. Tapi biasanya ayam yang hidup di peternakan ayam cuma makan pakan saja, menjadi warna kuning telurnya lebih muda.

3. Kekentalan Kuning Telur 

Coba pecahkan sebutir telur, lihat kuning telurnya. Kuning telur yang sehat serta baik akan terasa lebih kental waktu disentuh, kuning telur juga tampak lebih solid serta tampak bulat dikit cembung. Kuning telur yang gampang pecah serta bercampur dengan putih telur waktu telur dipecahkan mengisyaratkan telur berkualitas jelek.

Jika inginkan telur-telur dengan kualitas sempurna, Anda dapat memelihara ayam sendiri, atau dapatkan telur selekasnya dari peternak yang membiarkan ayamnya berkeliaran di alam bebas serta dibudidayakan dengan cara organik, tanpa pakan. sintetik atau suntikan hormon.

Buka Komentar

Tidak ada komentar