Pembelajaran tentang DNA pada manusia

Pembelajaran tentang DNA pada manusia

Pembelajaran tentang DNA pada manusia

DNA manusia

Pembelajaran tentang DNA pada manusia - Kehadiran DNA diikuti dengan kehadiran makhluk hidup yang spesifik serta unik. DNA cuma ada di makhluk hidup. Kehadiran DNA itu yang memperbedakan type makhluk, species, suku, atau keturunan spesifik dengan yang lain. Kenapa bayi yang dikandung seseorang ibu tidak jadi kucing, karena ada perintah genetik dari DNA. Atau kenapa orang-tua yang berkulit hitam, condong konstan membuahkan anak yang berkulit hitam juga karena penjaga keturunan yang bernama DNA. Ada cetak-biru DNA akan mengawasi kelestarian type makhluk, species, suku, serta keturunan spesifik.

Akan tetapi diluar itu juga DNA akan memberi kekhasan spesifik pada tiap-tiap individu. Berarti akan tidak ada dua individu yang persis sama, karena tentu ada sepersekian % dari gabungan DNA-nya yang berlainan.

Kelestaraian serta kekhasan sebagai hasil karya DNA itu laku baik pada aspek fisik atau ciri-ciri individu.

DNA merupakan singkatan dari DEOXYRIBONUCLEIC ACID. DNA merupakan perintah genetik, sistematika keturunan, manual pergantian, peta biologis, cetak-biru individu dari tiap-tiap makhluk hidup dengan unik. Penemu DNA merupakan James Watson serta Francis Crick (1953). DNA adalah bikin biru individu karena DNA mempunyai instruksi genetik yang membuat beberapa sel dalam organisme. Peranan utama molekul DNA merupakan penyimpanan info periode panjang.

DNA adalah kromosom panjang berupa heliks ganda yang disusun dari unit-unit nukleotida yang berulang. Heliks ganda DNA distabilkan oleh ikatan hidrogen di antara empat basa (asam nukleat) yang menempel pada dua heliks dengan berpasangan. Empat asam nukleat itu merupakan Adenin (disingkat A), Sitosin (C), Guanin (G) serta Timin (T). Pasangan AT membuat dua ikatan hidrogen, serta pasangan GC membuat tiga ikatan hidrogen. Ini bermakna jika ada satu rantai DNA yang mempunyai kode AACTAGGTC karena itu pasangannya tentu TTGATCCAG. Ke-2 rantai itu akan berpasangan serta membuat susunan berpilin yang kita kenal menjadi Double-Helix. Ke empat asam nukleat berikut pada intinya menjadi penyusun DNA, yang mengkodekan info.

Baca juga :
Mengetahui lebih banyak tentang Rangka Tubuh Manusia beserta fungsinya

Langkah kerja DNA dalam lakukan koding berjalan amat cepat karena semua hasilnya dikerjakan dengan paralel (berbarengan). Banding lewat cara kerja computer yang linear. Ukuran molekul DNA yang begitu kecil mempunyai kemampuan kerja yang besar sekali. Menjadi perbandingan, 1 gr DNA yang telah dikeringkan mempunyai kemampuan menaruh info dalam jumlahnya yang sama juga dengan 1 trilyun CD (Compact Disc). Walau sebenarnya 1 gr DNA kering itu ukurannya cuma sebesar sebutir gula pasir!

Badan manusia diprediksikan mempunyai seputar 100 triyun sel, serta didalam inti tiap-tiap sel ada 23 pasang kromosom yang disusun oleh 3 milyar asam nukleat. Bila DNA di tiap-tiap badan seseorang manusia direntangkan, karena itu panjangnya semakin lebih dari 600 kali jarak bumi ke matahari.

Kebanyakan orang di semua dunia sebetulnya hampir sama. Semua umat manusia, di semua belahan dunia mempunyai 99% molekul DNA yang sama persis. Ketidaksamaan seperti warna kulit serta rambut, cuma datang dari 1% ketidaksamaan genetik saja. Bahkan juga pada manusia dengan simpanse juga ketidaksamaan genetiknya cuma 5 persen (Wikipedia, Human Genome).

Penyelidikan DNA di waktu mendatang akan membuat manusia mengerti tubuhnya, sel-selnya dengan terperinci bahkan juga sampai ke level molekuler. Hingga nanti sangat mungkin manusia panjang usia, hidup lebih sehat serta jauh dari penyakit. Nanti manusia dapat bebas dari beberapa penyakit beresiko, seperti kanker, diabetes, atau jantung. Triknya dengan menjumpai gen serta lakukan eksperimen genetik untuk mendisain badan sehat bahkan juga semenjak sebelum lahir. Dengan tahu peta DNA-nya tiap-tiap molekul pada tubuh manusia, karena itu anomali-anomali paling kecil juga langsung bisa diketemukan serta diperbaiki. Bahkan juga bukan sekedar itu saja, pengetahuan moderen akan sangat mungkin manusia temukan gen-gen unggul, merekayasa gen unggul, memperkuatnya, bahkan juga mengkombinasikannya dengan gen-gen unggul di luar, lewat eksperimen genetik.

Beberapa periset terunggul didunia, dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Jepang serta China, kerjakan project ini dengan dana US$ 3 Milyar, serta membutuhkan waktu 13 tahun, dari tahun 1990 -2003 untuk merampungkan Human Genom Proyek. Maksudnya merupakan membuat peta yang begitu detil dari DNA manusia, dengan keinginan supaya manusia miliki pandangan baru yang lebih detil serta revolusioner mengenai badan manusia.

Pembawa info dalam DNA merupakan asam nukleat (A, T, G, serta C). Juga asam nukleat itu yang bangun beberapa sel dalam organisme lewat pembentukan protein. Protein merupakan zat pembangun badan manusia. Protein yang sangat banyak muncul berbentuk enzim. Pada intinya enzim berikut sebagai mesin penggerak proses dari kimiawi pada tubuh manusia. Protein ini tersusun dari serangkaian asam amino. Ada 20 type asam amino penyusun beberapa type protein. 

Buka Komentar

Tidak ada komentar