Panduan Menangani Mata Capek Karena monitor serta smartphone

Panduan Menangani Mata Capek Karena monitor serta smartphone

Panduan Menangani Mata Capek Karena monitor serta smartphone


Panduan Menangani Mata Capek Karena monitor serta smartphone - Sepanjang hari ada di muka monitor telah jadi rutinitas orang jaman saat ini. Pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, serta ibu rumah-tangga hidup tidak jauh dari layar gadget. Dari mulai monitor laptop, HP, tablet, sampai tv. Walau sebenarnya, terus-terusan lihat ke layar gadget membuat mata cepat capek. Tenang saja, untuk menyamakan rutinitas Anda di muka monitor, cara 20-20-20 dapat jadi jalan keluar yang pas hindari mata capek. Sudah mengetahui cara 20-20-20? Baca penjelasan berikut ini.

Apakah itu cara 20-20-20?

Setelah 20 menit menatap smartphone atau monitor komputer,  alihkan tatapan mata anda ke pandangan yang lain selama 20 detik, bila lebih akan lebih bagus untuk mengistirahatkan mata. Tetaplah pandangan ke sesuatu yang berjarak 20 kaki atau -/+ 6 meter. Oleh karena itu trik ini di sebut 20-20-20.

Jarak 20 kaki 

Lihat suatu yang berjarak 20 kaki (6 mtr.) tak perlu Anda ukur. Kuncinya ialah, istirahatkan mata untuk konsentrasi pada suatu yang jauh dari tempat Anda. Misalnya lihat pohon diluar jendela atau lihat benda yang begitu jauh dari tempat Anda.
Bila ruang Anda kecil, coba untuk jalan keluar sesaat ke tempat yang lebih luas supaya mata Anda dapat lihat banyak beberapa benda yang jauh ditempat itu. Hal seperti ini dapat menolong hindari mata capek serta kering.

Waktu 20 detik

Cara ini cuma memerlukan waktu saat 20 detik untuk bikin mata Anda jadi lebih santai. Waktu Anda mengistirahatkan mata, sebaiknya sekalian bangun dari tempat duduk serta dikit berjalan atau beralih. Misalnya sekalian ambil satu gelas air ke di pantry atau sekalian ke toilet. Minum air dapat juga pastikan mata masih lembap serta tidak kering.

Tiap-tiap 20 menit

Saat 20 menit di muka monitor, umumnya mata makin menegang lihat monitor. Karena itu tiap-tiap 20 menit mata semestinya diistirahatkan supaya tidak cepat capek serta agar Anda dapat menahan masalah mata yang lain, misalnya mata kering.

Untuk memperingatkan diri pribadi kapan mesti beristirahat lihat monitor setiap 20 menit, Anda dapat membuat tulisan di muka monitor Anda. Anda dapat juga menempatkan alarm menjadi pengingat. Atau pakai beberapa aplikasi di smartphone yang ada untuk lakukan cara 20-20-20 ini.

Baca juga :
Lebih memahami Penyakit kanker kulit type melanoma
Berikut Otak Kiri dan Otak Kanan bekerja pada manusia

Kata riset mengenai mata yang capek karena layar gadget 


American Academy of Ophthamology dari Amerika Serikat menyampaikan jika lihat piranti digital sebetulnya tidak mengakibatkan kerusakan mata. Namun, semakin lama hal seperti ini dapat memunculkan ketegangan serta tanda-tanda yang mengganggu pengelihatan Anda.

Manusia umumnya berkedip saat 15 kali setiap menitnya. Akan tetapi, waktu memandang ke layar gadget maka jumlahnya kedipan akan turun. Kedipan mata dapat menyusut sampai 1/2 atau 3 kali lipatnya. Kondisi berikut yang mengakibatkan mata cepat capek karena dipaksa bekerja konsentrasi memandang monitor tanpa banyak berkedip.

Pada suatu studi dalam Nepalese Journal of Ophthamology tahun 2013, beberapa periset menguji pemakaian computer serta dampaknya pada mata beberapa mahasiswa di Malaysia. Hasilnya, hampir 90 % dari 795 mahasiswa mempunyai tanda-tanda CVS.
Dari beberapa tanda-tanda CVS, yang sangat banyak dihadapi adalah sakit kepala. Tanda-tanda seringkali diketemukan sesudah peserta memakai computer saat dua jam. Mengistirahatkan mata seringkali dengan cara 20-20-20 dapat hindari mata capek serta kurangi tanda-tanda ketegangan mata mereka dengan berarti.

Beberapa dokter merekomendasikan cara 20-20-20 ini menjadi rutinitas yang perlu ditanamkan untuk mengawasi kesehatan mata, ditambah lagi pada anak-anak. 

Apa gejalanya saat mata capek?

  • Mata kering 
  • Mata berair 
  • Pengelihatan kabur 
  • Pandangan ganda atau diplopia, yaitu keadaan dimana mata Anda lihat dua objek walau sebenarnya cuma ada satu objek yang berbayang 
  • Sakit kepala 
  • Ngilu di leher, pundak, atau punggung 
  • Sensitif pada sinar silau 
  • Susah berkonsentrasi 
  • Susah buka mata 

Bila telah tiba rasakan beberapa hal diatas, tentu benar-benar mengganggu kegiatan Anda kan? Bukannya pekerjaan tuntas, malah dapat demikian sebaliknya. Oleh karenanya, hindari mata capek dengan tehnik 20-20-20 ini.

Selamat mencoba ya, sayangilah mata anda demi masa depan.

Buka Komentar

Tidak ada komentar