Mengenal lebih dalam dengan virus

Mengenal lebih dalam dengan virus

Mengenal lebih dalam dengan virus


Ciri ciri virus

Mengenal lebih dalam dengan virus - Virus adalah suatu parasit memiliki ukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus tidak termasuk juga ke kerajaan makhluk hidup, karena virus mempunyai beberapa ciri yang berlainan dengan beberapa ciri makhluk hidup yang lain. Virus tidak bisa dilihat memakai mikroskop sinar karena ukurannya begitu kecil, yakni seputar 0, 2  mikron. Karena itu virus cuma bisa dilihat lewat mikroskop elektron.

Beberapa ciri virus merupakan seperti berikut :


1.  Tubuh virus cuma terbagi dalam protein serta asam inti (DNA saja atau RNA saja)

2.  Tubuh virus memiliki ukuran lebih kecil dibanding sel. 
Virus memiliki ukuran begitu kecil seputar 20-300 milimikron.  
Virus mempunyai ukuran yang sangat kecil dibanding grup taksonomi yang lain. Ukuran virus yang sangat kecil mempunyai ukuran diameter 20 nm dengan jumlahnya gen 4, lebih kecil dari ribosom serta yang terbesar mempunyai beberapa ratus gen, virus yang terbesar dengan diameter 80 nm (Virus Ebola) juga tidak bisa disaksikan dengan mikroskop sinar hingga untuk penilaian virus di pakai mikroskop elektron.

3.  Reproduksi virus berlangsung dengan jalan mengkopi asam inti.
Virus juga mempunyai kemampuan untuk mengalihkan info genetik dari sel inang yang satu ke sel inang yang lainnya. Proses ini diberi nama transduksi. Dengan potensi ini, virus bisa menyelipkan fragmen DNA satu sel ke kromosom sel yang lain. Bila ini berlangsung karena itu bisa mengakibatkan pergantian kode genetik dari satu sel. 

4. Virus adalah makhluk hidup yang dapat dikristalkan.
Virus tidak digolongkan sel karena cuma berisi partikel penginfeksi yang terbagi dalam asam nukleat yang terbungkus didalam susunan pelindung, pada beberapa masalah asam nukleatnya ada didalam selubung membran. Penemuan yang dikerjakan oleh Stanley Miller, jika beberapa virus bisa dikristalkan hingga virus bukan sel hidup, karena sel yang sangat simpel juga tidak bisa beragregasi jadi kristal. Namun, virus mempunyai DNA atau RNA hingga virus juga dapat digolongkan organisme hidup.

5.  Virus tidak mempunyai potensi untuk perbanyak diri diluar beberapa sel hidup.
Bisa disebutkan virus bukan makhluk hidup yang mandiri, tetapi makhluk hidup yang manfaatkan beberapa sel hidup untuk perbanyak diri.
Badan virus cuma terbagi dalam asam inti serta selubung protein. Virus tidak bisa dikelompokkan dalam sel karena tidak mempunyai sitoplasma serta organel. Karena badan virus yang demikian, ada beberapa pakar yang menyampaikan virus merupakan molekul yang besar. Virus bisa dikristalkan (ciri benda mati), tapi bisa dihidupkan kembali hingga bisa menginfeksi.
Bentuk virus beragam macam. Ada yang bulat, seperti batang, serta ada juga yang memiliki bentuk seperti hutuf T.

Baca juga :
Berikut struktur beserta fungsi usus halus pada tubuh manusia 


Langkah hidup Virus


Virus tidak bisa hidup bebas di alam. Virus cuma bisa hidup dengan parasit pada tumbuhan, hewan atau manusia. Yang hidup parasit pada tumbuhan contohnya, menyebabkan penyakit mosaik pada tembakau, busuk pada sayuran, serta kematian pada jeruk. Yang hidup parasit pada hewan pada hewan contohnya, flu burung, penyakit tetelo pada ayam, dan penyakit kuku serta mulut pada ternak sapi. Yang hidup parasit pada manusia menyebabkan penyakit mata belek, polio, influenza, hepatitis, gondong, cacar, demam berdarah serta AIDS.
Contoh penyakit yang dikarenakan oleh virus merupakan penyakit AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome – sindrom runtuhnya kebal badan) dikarenakan oleh infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV menyerang sel darah putih yang menghasilkan zat kebal (anti-bodi). Mengakibatkan, badan pasien gampang terkena penyakit lainnya. Sampai sekarang ini, AIDS belumlah diketemukan obat serta penangkalnya.

Reproduksi Virus


Langkah virus berkembang biak berlainan lewat cara berkembang biak makhluk hidup. bila menginfeksi sel, virus masukkan asam utamanya ke sel inang. Setelah itu asam inti itu perbanyak diri didalam sel inang hingga sel inang jadi rusak. Lalu virus akan keluar jadi sel inang.

Buka Komentar

Tidak ada komentar