Manfaat dan prosedur menggunakan kartu BPJS terlengkap

Manfaat dan prosedur menggunakan kartu BPJS terlengkap

Manfaat dan prosedur menggunakan kartu BPJS terlengkap


Manfaat dan prosedur menggunakan kartu BPJS terlengkap - Cuaca di pagi hari memang membuat badan terasa brrrrr, tetapi tubuh jadi semangat.
Pagi itu, saya sedang mengantarkan ibu saya ke rumah sakit untuk daftar ke dokter gigi dengan menggunakan layanan BPJS. Ternyata menggunakan layanan BPJS tidak seribet kata orang-orang yang katanya susah. Bila sesuai prosuder pasti lah tidak sulit.

Sekarang ini penduduk Indonesia diwajibkan jadi anggota BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), mengapa?
Dengan jadi anggota BPJS penduduk Indonesia dapat berobat tak perlu keluarkan cost. Sama seperti dengan asuransi swasta, setiap bulan sebagai anggota BPJS mesti membayar premi, tapi tidaklah terlalu mahal, sangat murah yakni 25.500 rupiah per orang.
Beberapa orang mengklaim jika dengan memakai BPJS service tidak maximal.

Langkah Berobat Dengan BPJS, Bagaimana Prosedurnya ? 

Jadi anggota BPJS Kesehatan memang akan banyak menguntungkan Anda. Namanya juga BPJS Kesehatan, karena itu perlindungan yang Anda temukan merupakan hal berkaitan kesehatan. Menariknya, waktu Anda mengklaim BPJS Kesehatan untuk lakukan penyembuhan, Anda dapat memperoleh penyembuhan dengan gratis sebutan lain gratis karena penyembuhan Anda akan dijamin oleh pihak BPJS. Memang beberapa macam penyembuhan serta perawatan masih tetap memerlukan cost penambahan dari pemakainya. Hal seperti ini bergantung keselarasan type penyembuhan serta perawatan yang diambil mereka waktu berobat serta kelompok BPJS Kesehatan yang diambil waktu mendaftarkan. Walau demikian, mengingat cost berobat yang makin lama makin tinggi tiap-tiap tahunnya, karena itu jadi anggota BPJS Kesehatan akan memberi banyak keuntungan buat Anda seperti memiliki asuransi kesehatan. 

Bila Anda sudah tercatat menjadi anggota BPJS Kesehatan, semestinya Anda telah memahami serta mengerti prosedur atau langkah memperoleh penyembuhan gratis dari BPJS Kesehatan ini. Untuk Anda yang belum juga memahaminya, karena itu sebaiknya Anda butuh memerhatikan bahasan berikut ini. Dalam proses klaim ini seseorang anggota BPJS Kesehatan memang seharusnya lewat tahapan-tahapan. Mengapa demikian? Karena bila Anda ingin berobat dengan kartu BPJS serta tidak diduga hadir kerumah sakit tanpa ikuti prosedur yang sudah dipastikan, karena itu Anda kemungkinan besar alami penolakan. Oleh karena itu Anda memang seharusnya lewat tahapan-tahapan serta langkah memakai BPJS untuk berobat.

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan

Seperti asuransi konvensonal, supaya cost penyembuhan dapat seutuhnya dijamin pihak PBJS karena itu Anda mesti penuhi ketentuan atau prosedur seperti berikut.

1. Mendatangi Puskesmas Setempat

Saat seorang yang tercatat pada BPJS Kesehatan alami sakit serta ingin mengklaim haknya, Anda memang tidak langsung bisa hadir ke rumah sakit. Akan tetapi hal pertama yang perlu dikerjakan merupakan berobat ke FASKES (Sarana Kesehatan) 1 terlebih dulu. FASKES 1 yang disebut dalam hal seperti ini merupakan Puskesmas, klinik atau Dokter Keluarga. Akan tetapi bila Anda sakit dalam kondisi darurat serta perlu perlakuan cepat serta perlengkapan yang lebih komplet, karena itu mungkin Anda secara langsung ke Rumah Sakit yang sudah bekerja bersama dengan BPJS Kesehatan. Pasien disebutkan darurat sendiri bila ia dalam keadaan sakit yang dapat mengakibatkan kematian ataupun cacat. Tetapi bila sakit yang tidak berbentuk darurat, karena itu Anda mesti mengacu dahulu ke FASKES 1 dalam hal seperti ini yakni Puskesmas atau dokter keluarga. Karena Anda seseorang karyawan karena itu sebelum ke rumah sakit alangkah lebih sebaiknya Anda memohon surat izin berobat terlebih dulu dari perusahaan. Setelah mendapatkan surat izin, karena itu Anda akan leluasa untuk berobat Puskesmas, klinik atau dokter keluarga.

2. Kontrol di Puskesmas 

Di Puskesmas, klinik atau dokter keluarga (FASKES 1), peserta BPJS Kesehatan yang sakit akan dicheck serta diobati. Di sinilah Anda akan ditetapkan apa akan dirujuk ke rumah sakit karena kesanggupan Puskesmas ataukah tidak. Bila memang pihak Puskesmas tidak mampu mengatasi, karena itu pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit sebagai mitra BPJS Kesehatan. Waktu Anda akan ke rumah sakit karena itu Anda mesti membawa kartu atau surat referensi dari FASKES 1. Karena tanpa kartu referensi itu, klaim Anda akan tidak diterima serta pihak BPJS Kesehatan akan tidak memikul cost penyembuhan. Oleh karena itu membawa surat referensi memang adalah hal yang hukumnya harus bila Anda ingin memperoleh penyembuhan cuma-Cuma atau gratis.
3. Ke Rumah Sakit Rujukan

Sesudah Anda siap dengan kelengkapan yang dipersayaratkan, karena itu Anda langsung bisa pergi menuju rumah sakit yang sudah diputuskan. Ingat waktu hadir janganlah terlambat, karena bila Anda hadir terlambat karena itu Anda dapat tidak dilayani hari itu serta Anda mesti menanti besok harinya. Kelengkapan yang dipersyaratkan pada pasien yang termasuk bukan pasien darurat waktu berobat ke rumah sakit sendiri yakni :
  • Kartu BPJS Asli bersama photo copynya 
  • Fotocopy KTP yang masih tetap berlaku 
  • Photo Copy KK (Kartu Keluarga) 
  • Photo Copy Surat Referensi dari FASKES 1 

Berkaitan dengan Perlakuan Pasien BPJS Kelompok Darurat serta Tidak 


Pasien yang Termasuk Kritis serta Tidak

Rumah sakit di masa moderen saat ini memang dituntut profesional serta selektif, terpenting dalam soal pengelolaan Instalasi Kritis Darurat (IGD). Ruangan serta service dalam IGD yang hanya terbatas ini memang lalu dilarang untuk dipakai oleh beberapa pihak yang tidak membutuhkan service di IGD. Hal seperti ini dikarenakan serta di kuatirkan waktu kelak ada pasien yang betul-betul membutuhkan pertolongan di IGD, mereka tidak dapat ditolong secepat-cepatnya. Oleh karenanya biasanya, rumah sakit memang memiliki hak menampik pasien yang tidak masuk persyaratan kritis darurat. Serta ternayata BPJS Kesehatan juga mengangkat prinsip yang sama yakni membatasi pesertanya tidak untuk bisa memakai service IGD rumah sakit bila aduan sakit mereka memang tidak termasuk juga serta terkategori darurat.

Baca juga :
Seberapa penting kah air putih bagi tubuh manusia ?
Takaran kopi yang pas bagi orang dewasa

Beberapa Type Obat Tidak Dijamin BPJS

Jika Anda sudah menggerakkan semua prosedur yang ada serta penuhi kriteria yang diserahkan, karena itu Anda akan dapat memperoleh penyembuhan dengan gratis sebutan lain gratis didalam rumah sakit. Semua cost didalam rumah sakit ini sendiri akan dijamin oleh BPJS termasuk juga obat-obatan. Akan tetapi ada pengecualian berkaitan cost di BPJS Kesehatan ini. Pengecualian ini sendiri akan beresiko pada beban cost penambahan yang perlu di keluarkan pasien BPJS. Pengecualian pada BPJS sendiri dapat berbentuk peristiwa :

Timbulnya obat dari rumah sakit yang tidak tercover ataukah tidak masuk daftar obat yang dijamin BPJS

Beban cost kelas perawatan. Hal seperti ini karena kelas perawatan optimal yang dikasihkan oleh BPJS Kesehatan merupakan Kelas 1. Jadi jika pasien atau peserta agunan kesehatan ingin dirawat di kelas perawatan yang tambah tinggi, contohnya VIP atau VVIP, karena itu ada selisih cost yang perlu dijamin serta hal tersebut jadi beban serta keharusan peserta BPJS.

Pengecualian dalam BPJS sendiri bisa dimaklumi mengingat tarif premi yang dapat disebutkan murah dengan rata-rata Rp20 beberapa ribu sampai Rp60 beberapa ribu saja. Karena itu jika Anda terasa belum juga senang dengan yang di tawarkan BPJS, Anda nasabah Asuransi BPJS masih tetap bisa ambil produk dari type asuransi swasta yang diharapkan, tergantung pada arah, untuk perlindungan kesehatan atau investasi pada perusahaan asuransi lainnya.

Klaim Penyembuhan Gratis Anda

Demikian info mengenai langkah serta prosedur memakai BPJS untuk berobat buat Anda yang sudah jadi peserta atau anggota BPJS Kesehatan. Karena itu buat Anda yang akan lakukan klaim BPJS Anda alangkah sebaiknya Anda membaca, mengerti dan melakukan semua dari yang sudah diterangkan di atas. Jangan pernah Anda susah-susah pergi ke rumah sakit, nyatanya klaim BPJS Anda justru tidak dilayani.
Buka Komentar

Tidak ada komentar