Lebih memahami Penyakit kanker kulit type melanoma

Lebih memahami Penyakit kanker kulit type melanoma

Lebih memahami Penyakit kanker kulit type melanoma

Kanker melanoma

Lebih memahami Penyakit kanker kulit type melanoma - Kanker ialah penyakit yang terdengar begitu mengerikan, karena dapat membuat penderitanya kehilangan nyawa. Dari banyaknya type kanker, kanker kulit melanoma termasuk langka.

Berdasar pada data World Health Organization (WHO) ada seputar 132.000 masalah melanoma yang muncul tiap-tiap tahun di semua dunia. Pasien kanker kulit melanoma diprediksikan selalu bertambah karena susunan ozon tipis.

Mari kita bahas lebih jauh mengenai kanker kulit melanoma dari referensi beberapa situs yang terpercaya.

Apakah Itu Kanker Kulit Melanoma? 


Kanker kulit melanoma ialah type kanker yang menyerang melanosit. Melanosit adalah sel yang menghasilkan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Melanin ini mempunyai manfaat menyerap cahaya ultraviolet dan membuat perlindungan kulit dari rusaknya.

Tidak hanya melanoma, type kanker kulit yang lain yakni kanker kulit non-melanoma, yang terdiri atas karsinoma sel basal serta karsinoma sel skuamosa. Karsinoma sel basal berlangsung di bagian bawah epidermis, sedang karsinoma sel skuamosa berlangsung dibagian atas epidermis.

Bagaimana Tanda-tanda Kanker Kulit Melanoma? 


Tanda-tanda yang termasuk sangat umum pada pasien kanker kulit melanoma yakni ada tahi lalat baru. Atau, ada pergantian pada tahi lalat lama. Melanoma seringkali muncul di bagian tangan, punggung, kaki, atau muka.

Untuk memperbedakan melanoma dengan tahi lalat biasa, ada banyak ciri spesial yang perlu Anda lihat. Pada melanoma, tahi lalat dapat mempunyai bentuk yang tidak biasa ataukah tidak teratur. Juga bisa ada pergantian warna pada tahi lalat atau tahi lalat mempunyai lebih dari satu warna, diameternya semakin besar dari 6 mm, dan gatal serta dapat berdarah.

Tanda-tanda lainnya yakni alami kejang serta sakit kepala. Lantas jika melanoma telah menebar ke tulang, dapat alami ngilu tulang. Serta jika sudah menebar ke otak, akan alami permasalahan pandangan.

Tidak hanya pada ruang kulit yang seringkali terserang paparan matahari, melanoma dapat juga muncul pada organ sisi pada tubuh, seperti yang dihadapi Adara.

Baca juga :
Jenis Penyakit dan Cara Menghindari Penyakit pada Hati
Seberapa penting kah air putih bagi tubuh manusia ?

Apakah Pemicu Kanker Kulit Melanoma? 


Cahaya ultraviolet seringkali dihubungkan dengan pemicu kanker kulit melanoma. Pemicu yang lain ialah mutasi genetik.

Ada aspek resiko yang dapat tingkatkan serangan melanoma yakni pada mereka yang mempunyai mata biru serta rambut kemerahan atau pirang, miliki banyak tahi lalat, dan miliki banyak bintik di kulit.

Aspek resiko yang lain ialah skema kebal badan yang lemah. Anda harus juga siaga  jika ada bagian keluarga yang terserang melanoma atau kanker kulit type yang lain, itu bermakna Anda miliki aspek resiko yang dapat tingkatkan kemampuan munculnya melanoma.

Bagaimana Langkah Menahan Kanker Kulit Melanoma? 


Karena melanoma seringkali dikaitkan dengan cahaya ultraviolet, karena itu langkah mencegahnya yaitu dengan hindari cahaya matahari dengan cara langsung kurun waktu yang lama. Pakai baju yang pas waktu akan terkena cahaya matahari serta tabir surya untuk perlindungan tambahan.

Bila Anda miliki tahi lalat, lihat tahi lalat yang Anda punya. Berhati-hatilah bila ada pergantian pada tahi lalat atau muncul tahi lalat baru.

Manfaat berpuasa bagi penderita Melanoma


Suatu riset temukan jika beribadah puasa dapat menantang sel kanker. Seperti sempat dikutip Arab News, riset itu menunjukkan jika puasa bisa perlambat perkembangan kanker payudara, kanker kulit melanoma, kanker otak glioma serta neuroblastoma, serta kanker yang tercipta di jaringan saraf.

Pasien kanker yang melakukan kemoterapi sambil berpuasa nyatanya rasakan resikonya yang lebih dikit daripada mereka yang tidak berpuasa.

Nah, saat ini Anda sudah tahu deskripsi mengenai melanoma. Karena itu, Anda dapat lebih siaga pada penyakit ini.

Buka Komentar

Tidak ada komentar