Kriteria Hewan Kurban yang memenuhi syarat

Kriteria Hewan Kurban yang memenuhi syarat

Kriteria Hewan Kurban yang memenuhi syarat

Hewan kurban

Kriteria Hewan Kurban yang memenuhi syarat - Dalam waktu dekat idul Adha akan datang. Waktunya penduduk muslim menyiapkan hewan kurban untuk beribadah penyembelihan hewan. Penting buat kita untuk tahu prasyarat hewan kurban yang resmi sama dengan tuntunan agama Islam. Admin sudah menghimpun beberapa kriteria yang harus Anda kenali tentang hewan yang akan disembelih nanti. Kami harap dapat mempermudah umat muslim dalam menyiapkan hewan yang akan dibeli untuk beribadah kurban.

Pada bahasan kesempatan ini kami merujuk pada persyaratan hewan yang dipakai untuk berkurban. Persyaratan itu terbagi dalam persyaratan keabsahan serta sunah.  Keabsahan hewan kurban disaksikan dari karakter yang dipunyai oleh hewan tersebut yang dipastikan sah serta untuk tidak dipakai menjadi hewan kurban, misalnya: type hewan yang dapat dipakai untuk kurban. Persyaratan ke-2 merupakan sunah yang disaksikan dari keutamaan yang dipunyai oleh type hewan itu dibanding dengan type yang lainnya.

Berikut Kriteria Hewan Kurban yang memenuhi syarat 


Hewan kurban

Dari dua persyaratan keabsahan serta sunah. Ada penjabaran lebih detil tentang prasyarat resmi hewan kurban. Kriteria itu tentang type hewan kurban,  kepemilikan hewan, keadaan hewan, umur hewan serta keterangan tentang kurban patungan.

Type hewan kurban yang diijinkan.
Allah berfirman:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ الله عَلَى مَا رَزَقَهُم مِّن بَهِيمَةِ الأَنْعَامِ
“Dan buat masing-masing umat sudah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebutkan nama Allah pada binatang ternak yang sudah direzekikan Allah pada mereka…”(QS. Al Haj: 34).

Prasyarat hewan kurban yang pertama butuh Anda kenali merupakan type hewan yang diijinkan untuk berkurban sesuai dengan syariat Islam. Hewan yang penuhi prasyarat untuk berkurban adalah bahimatul an’am(bintang ternak). Hewan yang termasuk juga dalam type itu merupakan unta, sapi, kambing serta domba. Hal seperti ini sama dengan persetujuan ulama yang dijelaskan oleh Imam An-Nawawi (Syarh Shahih Muslim, karya An-Nawawi).

Status kepemilikan hewan.
Sesudah tahu prasyarat hewan kurban dari type hewan yang diijinkan, prasyarat setelah itu tentang status kepemilikan / proses memperoleh hewan itu. Hewan yang penuhi syariat merupakan hewan yang didapat dengan halal serta dipunyai dengan akad yang halal. Menjadi bukan adalah hewan curian atau hewan yang dipunyai dengan uang yang haram, seperti riba contohnya. Hal seperti ini sama dengan sabda Nabi Muhammad SAW,
“Sesungguhnya Allah itu Maha Baik, serta tidak terima terkecuali yang baik…” (HR. Muslim) 

Keadaan fisik serta kesehatan hewan. 
Prasyarat hewan kurban yang sesuai dengan syariat setelah itu keadaan kesehatan hewan. Hewan yang resmi untuk berkurban merupakan hewan yang tidak cacat, di mana ada 4 cacat yang mengakibatkan hewan tidak resmi untuk jadikan hewan kurban. Mengenai 4 cacat itu merupakan salah satunya matanya ada yang buta serta itu jelas di ketahui butanya, hewan itu sakit serta di ketahui dengan jelas jika hewan itu sakit, hewan yang pincang serta dengan jelas di ketahui jika hewan itu pincang serta ke empat merupakan hewan yang begitu kurus sampai tidak miliki sumsum tulang.

Dari Al Barra’ bin Azib radliallahu ‘anhu, sebenarnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sekalian berisyarat dengan tangannya demikian (empat jari terbuka):
“Ada empat cacat yang tidak bisa dalam hewan Kurban: buta samping matanya serta jelas butanya, sakit serta jelas sakitnya, pincang serta jelas pincangnya, serta begitu kurus hingga tidak miliki sumsum tulang.” 

Al Barra’ menyampaikan,
“Apapun ciri binatang yang tidak kamu gemari karena itu tinggalkanlah serta janganlah haramkan untuk orang yang lain. (HR. An-Nasa’i, Abu Daud serta dishahihkan Al-Albani).

Umur hewan kurban.
Ada persyaratan usia hewan yang akan dipakai untuk berkurban. Di bawah ini umur minimum hewan yang resmi untuk jadikan hewan kurban :

  • Unta Genap 5 tahun, masuk tahun keenam.
  • Sapi Genap 2 tahun, masuk tahun ketiga.
  • Kambing Genap 1 tahun, masuk tahun kedua.
  • Domba Genap 6 bulan, masuk bulan ketujuh.

Hal seperti ini butuh Anda lihat waktu beli hewan kurban, upayakan supaya umur minimum hewan itu sama dengan prasyarat hewan kurban di atas.

Kurban dengan urunan / patungan.
Kurban dapat dikerjakan lewat cara rombongan ataupun individu. Hal itu dapat sesuaikan dengan kondisi ekonomi semasing, akan tetapi tetap harus sama dengan batas optimal jumlahnya peserta pada sebuah rombongan. Bila berkorban unta karena itu pada sebuah rombongan tidak lebih dari 10 orang, bila berkurban dengan sapi pada sebuah rombongan tidak lebih dari 7 orang. Buat ingin berkurban dengan kambing karena itu cuma bisa dikerjakan oleh 1 orang ataukah tidak bisa rombongan.

Baca juga :
12 manfaat dan kelebihan buah pisang

Sesudah tahu prasyarat hewan kurban, kami masukkan juga persyaratan sunah hewan kurban yang disenangi oleh Nabi Muhammad SAW. Persyaratan sunah itu salah satunya domba jantan bertanduk, warna putih bercampur hitam di seputar matanya serta kaki-kakinya. Hal seperti ini sama dengan Hadits :

Dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha, jika nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohon domba bertanduk, mencapai suatu yang hitam, duduk diatas yang hitam, serta melilhat dengan suatu yang hitam. Lalu beliau dikasih hewan dengan ciri itu serta beliau pakai untuk berqurban. (HR. Muslim).

Demikian keterangan tentang prasyarat hewan kurban yang resmi sama dengan tuntunan agama. Mudah-mudahan dapat menolong pembaca untuk tahu hewan manakah yang akan dipakai untuk berkurban nanti. Admin mengharap mudah-mudahan semua umat muslim dimudahkan dalam beribadah Idul Adha.

Buka Komentar

Tidak ada komentar