Cara cepat mendaftarkan blog di google webmaster tools - belajar ngeblog

Cara cepat mendaftarkan blog di google webmaster tools - belajar ngeblog

Cara cepat mendaftarkan blog di google webmaster tools - belajar ngeblog


Cara cepat mendaftarkan blog di google webmaster tools - Sebagai blogger, menulis artikel adalah kegiatan yang paling utama yang harus di lakukan. Tulislah apa yang anda ketahui minimal 500 kata dalam 1 artikel.
Hal yang biasa terjadi bagi newbie mengalami kesulitan untuk membuat artikel secara orisinil. Karena menulis artikel akan menjadi mudah bila dibiasakan setiap hari minimal 1 sampai 2 artikel. Semakin banyak artikel yang di publikasikan akan semakin baik untuk blog anda.

Tetapi apakah cukup hanya menulis artikel saja bagi seorang blogger ?

Ada tools yang disediakan oleh Google agar artikel blog bisa terdeteksi oleh mesin pencari, yaitu google webmaster tools.
Dengan webmaster tools kita bisa mengetahui dan mengontrol blog yang kita kelola. Tetapi masih banyak teman teman kita yang newbie masih belum mengetahui dan cara membuat tools ini.

Baca juga :
Artikel tidak terindex, Fetch dan Fetch And Render Webmaster Tools solusinya

Kali ini admin akan memberikan tutorial nya step by step dari awal sampai akhir beserta gambarnya.

Berikut tutorial Cara cepat mendaftarkan blog di google webmaster tools.

1. Silahkan login dahulu di blogger sobat di blogger.com. setelah login pilih menu SETELAN. Kemudian pilih PREFERENSI PENELUSURAN.
Lihat gambar di bawah ini :

Lanjut scroll kebawah pilih Google search console klik EDIT.

2. Sobat akan diarahkan langsung kehalaman webmaster tools google.
Lihat dipojok kanan atas ada kotak merah yang bertuliskan ADD A PROPERTY, klik kotak merah tersebut. Kemudian akan muncul halaman yang bertujuan untuk menuliskan alamat url blog sobat. Silahkan di isi dengan alamat URL sobat.
Kotak disebelah kiri pilih website. Jika semua sudah benar silahkan klik kotak berwarna biru yang bertuliskan ADD.

Kemudian anda akan masuk di halaman baru yang website / blog sobat sudah terdaftar di webmaster tools.

3. Setelah terdaftar tampilan halaman akan berubah. Nama URL blog anda akan tampil, klik alamat URL yang anda daftarkan.
Lihat gambar dibawah :

4. Kemudian akan muncul halaman baru, yaitu halaman dashboard. Selanjutnya verifikasikan webmaster tools blog anda di pengaturan HTML blog. Lihat bagian pojok kanan atas gambar roda gigi, klik gambar roda gigi pilih Verifikasi details.

Dihalaman baru pilih yang bertuliskan Verify using a different methode.

Kemudian dihalaman berikutnya pilih Html tag dan akan muncul tulisan berupa kode html. Copy code tersebut dan letak kan di  bawah kode <head> di blog anda.
Lihat gambar dibawah ini.

5. Berikut nya cara meletakkan kode html dari google webmaster tools ke pengaturan html blog anda. Buka kembali blogger blog anda, pilih tema, klik edit html. Lihat gambar ini

Kemudian akan muncul tulisan tulisan html. Bila menggunakan komputer pencet ctrl + f, akan muncul kotak pencarian kata dipojok atas kanan. Ketik kata <head> di kotak tersebut kemudian enter. Tulisan <head> akan langsung ketemu. Letakkan kode dari google webmaster tools tadi di bawah kata <head> paling atas dari susunan tulisan tulisan html tersebut. Selanjutnya klik simpan tema.

6. Setelah semua selesai di pengaturan html blog, kembali lagi ke google webmaster tools. Kembali ke menu verifikasi detail - using verify a different  methode. Klik kotak merah di bawah yang bertuliskan Verify. Selesai sudah mendaftarkan blog anda di google webmaster tools.

Bila terjadi eror setelah anda mengklik verify, itu pertanda Anda salah meletakkan kode google webmaster tools di pengaturan html blog anda. Silahkan dicoba lagi dengan penempatan kode yang benar.

Bila berhasil akan muncul tulisan Congratulations, you have successfully verified your ownershif of http://bloganda.com/ beserta tanda centang berkotak hijau.

Silahkan blog anda di analisa di webmaster tools apa ada yang salah dengan blog anda.

Selamat mencoba, semoga berhasil.
Buka Komentar

Tidak ada komentar