Artikel tidak terindex, Fetch dan Fetch And Render Webmaster Tools solusinya

Artikel tidak terindex, Fetch dan Fetch And Render Webmaster Tools solusinya

Artikel tidak terindex, Fetch dan Fetch And Render Webmaster Tools solusinya



Artikel tidak terindex, Fetch dan Fetch And Render Webmaster Tools solusinya - Banyak kasus yang dimana seorang blogger terutama bagi newbie setelah membuat artikel kemudian URL dari postingan artikel tersebut sudah di masukkan ke google search console tetapi masih belum juga terindex oleh google.
Hal ini akan membuat kita kecewa dan bisa menurunkan semangat untuk menulis artikel lagi.

Kasus ini pernah terjadi sama saya sendiri. Dimana artikel saya tidak terindex oleh google. Setelah searching di google, akhirnya jawabannya pun ketemu. Yaitu pengaturan di Fetch As Google di aplikasi webmaster tools.

Bagi para blogger sudah tidak asing lagi dengan webmaster tools yang disediakan oleh google. Akan tetapi bagi para newbie yang baru ngeblog masih banyak yang belum begitu paham dengan webmaster tools ini.
Di webmaster tools banyak sekali fungsinya, terutama untuk artikel yang belum terindex oleh google.
Ada yang namanya Fetch As Google di webmaster tools.

Fungsi Fetch As Google

Di Fetch As Google ada 2 pilihan, yaitu Fetch dan satunya Fetch And Render. Di kedua pilihan ini berbeda fungsinya.

1. Fungsi Fetch

Di Webmaster Tools kotak merah yang bertuliskan Fetch dapat digunakan setelah kita memasukan alamat url dari blog kita ke dalam kolom yang sudah disediakan oleh webmaster tools.

Bisa diartikan Fetch berfungsi untuk mendapatkan URL dari artikel yang di posting di blog kita kemudian webmaster tools dengan segera mengirimkannya ke mesin pencari, hinggah mesin pencari menyelesaikan perayapannya atau mengcrawl artikel pada postingan maka mesin pencari akan menambahkan artikel kita didalam direktori indeks Google.
Metode ini salah satu cara agar artikel kita dapat dirayapi oleh mesin pencari google dengan cepat.

2. Fetch And Render

Fetch And Render, tidak jauh berbeda fungsinya dari FETCH. Jika ketika kita menggunakan Fetch And Render, mesin pencari akan mencari terlebih dahulu url yang sama ( jika itu ada ) kemudian mesin pencari akan menggantinya dengan URL yang baru, jika tidak ada maka mesin pencari akan menyimpannya saja sama seperti fungsi tombol FETCH.

Dapat kita simpulkan bila mempunyai artikel baru dan ingin mensubmitnya ke google webmaster tools maka yang digunakan adalah tombol FETCH, dan bila sudah memiliki artikel yang sebelumnya telah disubmit ke google webmaster tools dan kemudian anda mengeditnya kita menggunakan Fetch And Render.

Salah satu contoh, kita mengganti title atau judul dari artikel yang urlnya masih tetap sama, biasanya ketika kita mencari artikel tersebut dimesin pencari yang muncul adalah judul artikel yang dulu, dikarenakan mesin pencari belum memperbarui cache dan data dari artikel yang baru saja di edit, oleh karena itu dengan mensubmit ulang artikel itu ke google webmaster tools dengan menggunakan tombol FETCH AND RENDER mesin pencari akan  mereplace artikel yang telah diedit dengan yang baru, dengan kata lain mesin pencari akan memperbaharui data data dan cache dari artikel tersebut. Tetapi harus di ingat dengan url yang masih sama.

Untuk lebih dimengerti, saya sertakan gambar untuk bisa masuk ke webmaster tools di google.

1. Masuk dulu ke blogger.com dengan akun anda. Kemudian disamping kiri ada menu dari blogger.

Solusi jika artikel baru tidak terindex google

Setelah masuk ke blogger, pilih menu "SETELAN" , kemudian pilih menu "PREFERENSI PENELUSURAN".
Kemudian anda scroll kebawah.

Solusi jika artikel baru tidak terindex google

Pilih Google search console, klik tulisan "EDIT".
Setelah mengklik tulisan EDIT anda akan menuju halaman baru, yaitu halaman webmaster tools google.

Solusi jika artikel baru tidak terindex google

Setelah masuk ke webmaster tools, silahkan pilih menu "CRAWL" selanjutnya pilih menu "FETCH AS GOOGLE".

Solusi jika artikel baru tidak terindex google

Kemudian isi kolom yang sudah di sediakan dengan URL artikel yang baru saja anda posting. Lihat gambar di atas, yang ditulis URL belakang nya saja, nama domain anda yang https://www.belajarsekolah.com tidak perlu ditulis. Agar tidak terjadi kesalahan lebih baik menggunakan copy paste dari url anda.
Untuk pilihan DEKSTOP atau MOBILE SMARTPHONE itu terserah anda. Kemudian baru anda klik tulisan FETCH di kotak merah.
Webmaster tools akan segera mengcrawl URL anda.

Salah satu contoh artikel ini langsung terindeks oleh google



Bagaimana, tidak terlalu sulit kan. Selamat mencoba ya. Mudah mudahan URL artikel anda bisa langsung terindex oleh google.
Buka Komentar

1 komentar